Contoh Slip Gaji Excel untuk Karyawan

Slip Gaji Excel untuk Karyawan – Sekecil apapun perusahaan Anda, pastikan slip gaji karyawan selalu dikerjakan dengan benar. Penggajian memiliki banyak manfaat seperti administrasi, transparansi bisnis, dan kontrol kebijakan masa depan.

Jika ada kebingungan, Anda bisa melakukannya Contoh slip gaji excel untuk karyawan di bawah ini dan sesuaikan komponennya.

Komponen Slip Gaji Excel untuk Karyawan

Slip Gaji Excel untuk Karyawan
Slip Gaji Excel untuk Karyawan

1. header yaitudan data karyawan

Bagian atas diisi dengan kop surat seperti kop surat. Ada identitas perusahaan seperti nama, alamat dan kontak. Identitas pegawai dapat dituliskan pada kolom di sebelah header.

Komponen identitas berisi nama, nomor identifikasi, posisi di ranah dan periode penagihan. Jika Anda ingin menambahkan logo, letakkan di paling kiri header.

2. kolom penerimaan

Kolom kiri lembar diisi dengan komponen penerimaan. Isinya terdiri dari gaji pokok, tunjangan daerah, tunjangan makan, tunjangan perjalanan, uang lembur jika ada dan bonus jika ada.

Semua tanda terima dirangkum di bawah ini. Gunakan rumus SUM untuk menyederhanakan penjumlahan.

3. potong kolom

Selain kolom penerimaan, Anda harus mengisi kolom diskon. Kolom ini mengurangi nilai semua kuitansi di sebelah kanan. Komponen kolom yang dapat dikurangkan terdiri dari pinjaman pegawai kepada perusahaan, iuran JHT dan pajak jika memenuhi syarat. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah menjumlahkan bagian-bagiannya menggunakan rumus SUM.

4. Secara keseluruhan

Buat total penerimaan yang diterima dari karyawan. Anda dapat mengurangi total penerimaan dari total pemotongan.

Lakukan di sel yang berbeda. Setelah menemukan penerimaan bersih, berikan fitur pembeda seperti tebal atau warna. Gunakan rumus pengurangan di Excel karena hasilnya lebih akurat daripada perhitungan manual.

5. tanda tangan

Slip gaji berlaku jika ada tanda tangannya. Letakkan tangan Anda di bagian bawah. Buat dua kolom kosong. Kolom kanan adalah tanda tangan HRD yang melakukan penggajian.

Sedangkan kolom kanan adalah tanda tangan pegawai yang menerima gaji. Sertakan lokasi dan tanggal di bagian atas tanda tangan karyawan. Konten akan disesuaikan saat karyawan menerima gajinya.

Excel penggajian untuk karyawan

1. Slip gaji karyawan swasta

Slip gaji pegawai swasta biasanya terdiri dari kop surat perusahaan, KTP pegawai, masa penggajian, penghasilan dan potongan. Penghasilan tersebut terdiri dari gaji pokok dan berbagai tunjangan tambahan.

Jika tujuan tercapai, ada sel bonus. Sedangkan potongannya terdiri dari pajak dan asuransi jika perusahaan mengikutsertakannya. Lembar tanda tangan diisi oleh manajer operasi.

6. Slip gaji untuk pekerja lepas

Ada berbagai bentuk slip gaji untuk pekerja lepas, tergantung pada sistemnya. Bila menggunakan skema waktu, pendapatan terdiri dari komponen kehadiran.

Sedangkan potongannya terdiri dari uang yang terlambat, uang yang cepat pulang dan uang yang tidak hadir. Lembur juga dihitung dalam slip gaji.

Berbeda jika skema yang digunakan adalah skema hasil. Slip gaji mirip dengan faktur. Komponen konten terdiri dari hasil yang dicapai. Setiap pekerjaan memiliki nilai upahnya masing-masing dan kemudian dijumlahkan untuk mendapatkan hasilnya.

7. Slip gaji guru honorer

Gaji seorang guru sukarelawan mirip dengan gaji seorang karyawan swasta. Bedanya, bagian penghasilan terdiri dari gaji tetap dan berbagai tunjangan seperti kegiatan belajar mengajar khusus, soal-soal koreksi dan pengasuh ekstrakurikuler, jika ada. Pengurangan biasanya terdiri dari keterlambatan di sekolah dan izin. Kamu bisa Unduh contoh slip gaji Excel DI SINI.

Kesimpulan

Setiap not memiliki komponen yang berbeda tergantung dari jenis pekerjaannya. Ketika batas waktu gajian telah tiba, setiap karyawan harus memiliki slip yang diterbitkan sebagai bukti resmi. Pastikan catatan tersebut diberi tanggal dengan benar untuk menjaga dokumen perusahaan tetap rapi dan menghindari kesalahpahaman dengan karyawan.

Tinggalkan komentar