Rencana Jawaban yang Benar untuk 5 Tahun ke Depan pada Wawancara Kerja

Rencana Jawaban yang Benar – Mencari pekerjaan harus melalui serangkaian tahapan yang tidak mudah. Calon karyawan terlebih dahulu harus melalui tahap wawancara.

Fase wawancara ini sering ditakuti oleh calon karyawan. Anda takut tidak bisa menjawab pertanyaan atau memberikan jawaban yang salah.

Tidak jarang pertanyaan kasus muncul selama fase wawancara ini. Begitu banyak calon karyawan yang meninggal dalam proses lamaran.

Salah satu pertanyaan yang sulit dijawab oleh calon karyawan adalah bagaimana merencanakan 5 tahun ke depan. Pertanyaan ini bisa menjadi penentu kegagalan calon karyawan.

Lalu, bagaimana Anda dapat memberikan jawaban yang tepat ketika ditanya tentang rencana lima tahun ke depan?

Rencana Jawaban yang Benar

Rencana Jawaban yang Benar
Rencana Jawaban yang Benar

1. Jelaskan jalur karir

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, tidak mungkin untuk selalu berada di posisi yang sama. Terutama selama bertahun-tahun. Paling tidak, untuk lima tahun ke depan, Anda akan memiliki posisi yang lebih tinggi di perusahaan tempat Anda bekerja.

Dari jawaban ini, pewawancara mengenali optimisme dan keseriusan Anda dalam bekerja.

2. Didedikasikan untuk perusahaan

Dalam lima tahun ke depan Anda setidaknya telah memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda. Jelaskan jika Anda perlu mencapai tujuan yang akan Anda capai.

Pewawancara akan sangat menyukai karyawan yang berkomitmen untuk kemajuan perusahaan. Jadi pikirkan tentang rencana Anda sebelum Anda dipanggil untuk wawancara. Cari tahu tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

3. Tunjukkan sisi ambisius Anda

Memiliki sifat ambisius itu bagus asalkan dalam porsi yang cukup. Sisi ambisius ini akan memandu Anda menuju rencana dan bahkan tujuan Anda.

Sifat ambisius seseorang biasanya dibarengi dengan semangat pantang menyerah. Pewawancara sangat menyukai komposisi ini. Seseorang dengan karakter ambisius akan membawa banyak keuntungan bagi perusahaan.

Tapi ingat, ambisi Anda dalam proporsi yang cukup dan tetap realistis.

4. Jawaban harus masuk akal

Dari ketiga poin di atas, Anda harus memberikan jawaban yang masuk akal. Anda harus dapat mempertanggungjawabkan pernyataan Anda nanti ketika Anda bergabung dengan perusahaan.

Jadi setidaknya berikan jawaban yang terbaik dari pengetahuan dan keyakinan Anda. Jadi pewawancara akan mempertimbangkan apakah rencana lima tahun Anda masuk akal atau tidak.

5. Yakinkan pewawancara

Dalam lima tahun terakhir Anda harus merealisasikan rencana yang Anda berikan kepada pewawancara. Lima tahun bisa menjadi waktu yang lama dan waktu yang sangat cepat.

Lima tahun akan terasa sangat cepat ketika rencana yang Anda jalankan memiliki banyak kendala. Waktu berlalu sementara tujuan Anda belum terwujud.

Di sini Anda harus bisa memastikan bahwa tujuan Anda tercapai sesuai dengan perencanaan realistis Anda.

Saya harap Anda tidak bingung lagi, oke jika Anda mendapat pertanyaan dalam wawancara tentang rencana 5 tahun ke depan!

Tinggalkan komentar