Pemasaran : Peran, Tugas dan Tanggung jawabnya

Pemasaran– Dalam dunia perdagangan atau bisnis, istilah pemasaran ini sangat umum, terutama dalam kaitannya dengan promosi produk. Kata tersebut sebenarnya merupakan rangkaian dengan tujuan untuk memuaskan konsumen. Namun untuk pemahaman yang lebih baik, simak ulasan berikut ini.

Apa itu Pemasaran?

Pemasaran
Pemasaran

Marketing sebenarnya adalah istilah bahasa Inggris yang berarti pemasaran. Tapi tentu saja, untuk definisi yang akurat, ini bukan hanya tentang bagaimana mempromosikan suatu produk agar orang mengetahuinya.

Namun, pemasaran memiliki arti yang lebih dalam dari sekedar pemasaran. Itulah rangkaian kegiatan yang perlu dilakukan agar mereka dapat mengetahui apa yang disukai dan dibutuhkan konsumen.

Jadi pastikan ini melibatkan riset dan analisis pasar, apalagi konsumen sebagai objek sering kali merasa kebingungan terhadap suatu produk.

fungsi pemasaran

Seperti pengertiannya bahwa pemasaran adalah sekumpulan kegiatan pemasaran sehingga memiliki maksud dan tujuan yang jelas. Selain itu, istilah tersebut juga mengacu pada berbagai fungsi, antara lain:

1. dukungan keuangan

Mempromosikan bisnis adalah komponen terpenting dan orang yang menjalankannya dikenal sebagai pemasar. Secara tidak langsung, persyaratan pemasaran dan semua strategi harus ada.

Dalam hal promosi tidak boleh sembarangan, karena harus bisa menganalisa dan menentukan metode, strategi dan media yang tepat. Tentunya di setiap langkah pemasaran Anda harus memikirkan siapa target audiensnya, remaja, orang tua, anak-anak atau semua kalangan.

2. distribusi

Pemasar memiliki fungsi distribusi, yang berarti mereka harus dapat menemukan lokasi strategis untuk memasarkan produk. Hal ini memudahkan konsumen untuk menerima barangnya.

Oleh karena itu semua orang Setelah suatu produk diproduksi, produsen harus segera mengedarkannya agar dapat dengan cepat sampai ke tangan konsumen.

3. riset

Selain melakukan berbagai cara pemasaran produk, pemasar juga berfungsi sebagai melakukan dan mengatur penelitian. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan target pasar yang tepat.

Memiliki target pasar yang tepat juga akan membuat produk sesuai target laris manis. Kemudian salah satu cara melakukan riset pasar tersebut, biasanya pemasaran, adalah dengan melakukan survei untuk menarik kesimpulan.

Baca Juga :   HRD : Definisi, Tugas dan Tanggungjawabnya

4. penjualan

Sudah beberapa kali disebutkan bahwa pemasar terlibat langsung dalam penjualan. Begitu pula dengan fungsi yang harus dipenuhinya bagi konsumen agar dapat mencapai tujuan yang sesuai.

Pada dasarnya fungsi penjualan ini bertujuan untuk mendukung penjualan dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Bahkan bisa jadi tim marketingnya adalah salesnya sendiri, sehingga berbagai promosi dijalankan secara langsung.

tugas dan tanggung jawab

Seorang marketing memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting dalam dunia bisnis. Padahal, sampai konsumen bisa menerimanya, itu merupakan faktor krusial dalam kesuksesan sebuah produk. Oleh karena itu, untuk lebih memahaminya, berikut ulasannya:

1. riset pasar

Tugas terpenting seorang marketing adalah melakukan berbagai riset pasar agar bisa membuat suatu produk sesuai dengan keinginan konsumen. Karena dalam hal ini dia mengetahui kebutuhan pihak yang berkepentingan.

Penelitian yang memadai oleh tim pemasaran juga diperlukan untuk menentukan harga. Karena kita sudah tahu bahwa kewajiban suatu produk tergantung pada banyak faktor seperti tingkat produksi, keuntungan, biaya dan sebagainya.

2. perencanaan produk

Setelah melakukan berbagai riset, seorang pemasar juga harus bisa merencanakan produk berdasarkan hasil survei. Kemudian sarankan ke tim produksi untuk menjadikannya barang dengan probabilitas tinggi.

3. strategi pemasaran

Tadi sudah disinggung sedikit bahwa marketing artinya pemasaran. Hal ini juga sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya yaitu terkait promosi. Namun, Anda tidak hanya membuat iklan biasa saja, Anda juga harus mengetahui strateginya.

Oleh karena itu, agar target pemasaran suatu produk mencapai puncaknya, tim pemasaran harus mampu menyusun strategi yang tepat. Anda dapat menerapkan formulir atau media periklanan untuk mendapatkan hasil yang tepat.

4. Layanan Konsumen

Kualitas dan kesesuaian suatu produk merupakan faktor terpenting saat menetapkan target penjualan. Namun, ada juga layanan konsumen yang tidak boleh dilupakan oleh pemasar.

Jika tim marketing sebagai perwakilan perusahaan berhasil memberikan pelayanan yang baik dan memberikan kenyamanan bagi konsumen, maka akan timbul pula feedback berupa loyalitas.

Persyaratan menjadi Marketing

Seorang marketing merupakan ujung tombak perusahaan sehingga apa yang mereka lakukan mempengaruhi keberhasilan suatu produk di pasar. Karena itu, untuk menjadi pemasar yang andal, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

Baca Juga :   CFO: Peran, Tugas dan Tanggungjawabnya

1. keterampilan berhitung

Selain pendidikan di bidang ekonomi, tim pemasaran juga harus pandai menentukan harga suatu produk agar mendapatkan harga yang pas saat konsumen menerimanya. Dalam keahlian memasak, orang biasanya berbicara tentang biaya makan.

Kalaupun tiba-tiba mendapat penawaran harga, tim marketing bisa langsung mencarikan solusinya karena sudah memahami harga produk sebelumnya.

2. kemampuan berkomunikasi

Ketika datang ke kegiatan pemasaran, harus ada komunikasi di atas segalanya. Kemampuan berbicara dengan baik menentukan kesimpulan akhir, memungkinkan konsumen untuk memutuskan mengeluarkan uang untuk suatu produk.

Untuk mencapai hal itu, tentunya seseorang perlu berlatih berkomunikasi, khususnya berbicara di depan umum. Selain itu, cara bicara yang baik dan persuasif secara tidak sadar akan membuat konsumen percaya bahwa produk tersebut adalah yang mereka butuhkan.

3. memiliki banyak hubungan

Keterampilan dan kesulitan komunikasi tim pemasaran pada akhirnya akan mengarah pada banyaknya hubungan atau jaringan pertemanan yang mereka miliki. Apalagi jika Anda sudah memiliki banyak pengalaman di bidang ini.

Memiliki banyak koneksi membawa keuntungan pribadi bagi tim pemasaran tetapi juga bagi perusahaan itu sendiri, bahkan akan membuat proses promosi menjadi lebih mudah dan juga memungkinkan berbagai penawaran dan kerjasama.

Berapa Penghasilan Pemasar?

Kalau soal gaji, sebenarnya tergantung sudah berapa lama dia berkecimpung di dunia marketing dan tingkat keahliannya. Karena pada dasarnya ada tiga level untuk posisi tersebut.

Diantaranya tenaga pemasaran yang tidak berpengalaman yang digaji Rp 3 juta atau setara UMR. Sedangkan mereka yang sudah berkecimpung di dunia minimal 5 tahun bisa mencapai Rp 5 juta per bulan.

Yang kedua adalah level manajer pemasaran yang bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 5,5 juta hingga Rp 6,5 juta. Selama berada di level atas atau top tier, upah yang menjadi haknya bisa mencapai Rp 20-200 juta. Tentu saja, ini didasarkan pada keahliannya.

Menyimpulkan

Sebagai? Apakah Anda tertarik untuk memasuki dunia pemasaran? Meski terlihat mudah, pekerjaan tersebut harus sesuai dengan tingkat pendidikannya serta soft skill dan hard skill yang dimilikinya. Jadi Anda tetap tidak bisa hanya menjadi pemasar!

Tinggalkan komentar