5 Kesalahan Recruitment Tenaga Kerja yang Perlu Dijauhi

Kesalahan Recruitment Tenaga Kerja – Keperluan tenaga kerja oleh perusahaan memanglah tidak dapat diundur dan dipandang sepele. Sangat penting untuk perusahaan untuk lakukan recruitment buat penuhi keperluan tenaga kerja di beberapa seksi.

Jalan keluar bekerja bersama dengan perusahaan outsourcing dapat menjadi opsi supaya penyukupan kebutuhan tenaga kerja dapat jalan lebih mudah dan cepat. Tetapi, proses recruitment tenaga kerja outsourcing ini perlu dilaksanakan dengan jeli.

Kesalahan Recruitment Tenaga Kerja

Kesalahan Recruitment Tenaga Kerja
Kesalahan Recruitment Tenaga Kerja

Di jaman saat ini, recruitment tenaga kerja outsourcing dipandang seperti jalan keluar pas untuk suatu perusahaan. Selainnya membuat proses recruitment menjadi lebih efisien, ini memudahkan perusahaan memperoleh tenaga kerja yang sama sesuai keperluan.

Tetapi perusahaan yang ingin lakukan recruitment tenaga outsourcing seharusnya menghindar beberapa Kesalahan berikut:

1. Tidak Mengecek Kapabilitas Tenaga Kerja

Kesalahan pertama kali yang harus dijauhi perusahaan saat recruitment pegawai tugas outsourcing ialah tidak mengecek kapabilitasnya lebih dulu. Kemungkinan ini disebabkan karena ada pertimbangan jika tenaga kerja outsourcing sudah melalui penyeleksian di mana kapabilitasnya sudah terbukti.

Tetapi seharusnya perusahaan yang lakukan recruitment harus memeriksa ulangi apa sudah selaras ataukah belum. Banyak tenaga kerja outsourcing yang selanjutnya diambil untuk tempati status tidak berkaitan dengan kapabilitasnya.

Bila ini terjadi karena itu rugi berada di faksi perusahaan. Keproduktifan turun dan efektifitas kerja akan menyusut. Belum juga rugi ongkos karena telah mengambil tenaga kerja yang kurang kapabel di sektornya.

2. Lakukan Penerimaan Melewati Kemampuan

Perusahaan seharusnya mengetahui benar berapakah jumlah pegawai yang diperlukan. Janganlah sampai lakukan recruitment dengan kemampuan berlebihan karena hanya proses recruitment tenaga kerja outsourcing termasuk gampang.

Perusahaan atau supplier outsourcing yang turut serta kemungkinan bisa jadi penuhi keperluan tenaga kerja dengan jumlah besar. Tetapi, apa jumlah ini sama sesuai keperluan perusahaan?

Saksikan kembali seberapa banyak tenaga kerja yang diperlukan sesuai tipe tugas yang hendak diberi. Janganlah sampai perusahaan tidak untung karena mengambil kebanyakan tenaga kerja dan keluarkan semakin banyak ongkos.

Walau sebenarnya ongkos itu tidak efisien. Ini karena banyak tenaga kerja yang pada akhirnya tidak diperlukan.

3. Tidak Memberi Kesepakatan yang Terang

Walau mengambil tenaga kerja outsourcing, tetapi ada kesepakatan kerja yang terang sangat penting. Perusahaan harus sediakan kesepakatan yang mengikat dengan tenaga kerja yang telah diambil dari faksi outsourcing.

Ini dilaksanakan supaya ada jalinan dan ketentuan yang terang di antara perusahaan dengan tiap tenaga kerja outsourcing yang tergabung. Disamping itu kesepakatan akan memperlihatkan status jalinan yang terang antara ke-2 nya.

Tugas outsourcing ialah tipe tugas yang perlu ketetapan, sama seperti seperti tugas masih tetap yang lain. Yakinkan jika kesepakatan yang diberi ini mematuhi ketentuan dari faksi supplier yang turut serta.

Perusahaan harus dapat ikuti ketentuan yang sudah diterapkan oleh faksi outsourcing. Bila ini dilaksanakan karena itu jalinan perusahaan, tenaga, kerja, faksi outsourcing dapat semakin terang dan kurang perselisihan.

4. Tidak Lakukan Follow Up

Kesalahan selanjutnya yang bisa jadi terjadi pada perusahaan saat mengambil tenaga kerja outsourcing ialah tidak lakukan follow-up. Penting untuk dipahami jika tenaga kerja yang telah diambil memiliki arti akan bekerja di bawah perusahaan itu. Walau memang masih tetap ada ikatan dengan faksi outsourcing, tetapi follow-up dari perusahaan yang lakukan recruitment tetap harus dilaksanakan.

Pasti susah untuk tenaga kerja outsourcing bila harus bekerja tanpa instruksi dan follow-up dari perusahaan berkaitan. Sesudah dilaksanakan recruitment, karena itu tenaga kerja itu seharusnya diberlakukan seperti umumnya.

Maknanya dengan tidak melihat status outsourcing terkecuali bila terkait dengan beberapa hal tertentu. Perusahaan mulai bisa lakukan follow-up selekasnya hingga tenaga kerja bisa kerjakan pekerjaannya secara efisien.

5. Pilih Supplier tanpa Pemikiran

Perusahaan sekarang ini kemungkinan dapat secara mudah mendapati supplier yang dapat sediakan tenaga kerja outsourcing. Tetapi, apa supplier itu bisa dihandalkan dan dipercayai?

Ini harus jadi perhatian secara baik sebab bisa saja perusahaan outsourcing yang diputuskan tidak dapat dipercaya dan tidak dapat jaga keyakinan client. Ini pada akhirnya cuma membuat perusahaan tidak untung karena telah banyak keluar ongkos recruitment.

Yakinkan untuk pilih basis outsourcing yang betul-betul dapat dihandalkan. Lihat baik seperti apakah penawarannya dan bagaimana proses penyeleksian tenaga kerja yang mereka kerjakan.

Cari info seperti apakah kapabilitasnya dan janganlah lupa pertimbangkan ongkos yang diterapkan oleh faksi outsourcing. Yakinkan jika faksi outsourcing yang dibawa kerja-sama dapat memberi faedah dan keuntungan untuk perusahaan.

Jalan keluar Recruitment Tenaga Kerja Outsourcing yang Gampang dan Efisien

Untuk menghindar Kesalahan-kesalahan di atas, Anda perlu pilih perusahaan penyuplai tenaga kerja outsourcing yang telah pakar dalam soal recruitment tenaga kerja outsourcing. Salah satunya jalan keluarnya yakni Workmate Indonesia. Tentu saja ada beberapa kelebihan yang dijajakan yang dapat menolong perusahaan Anda. Workmate sanggup mendatangkan calon tenaga kerja cepat dan tepat.

Disamping itu ada sarana mangkirsi tanpa timesheet manual yang lebih efisien. Dari sisi bujet, ongkos yang diperlukan terhitung 30% tambah murah dibanding konservatif. Menariknya kembali, Workmate tawarkan efektivitas recruitment dengan mekanisme digital yang hendak memberikan keuntungan perusahaan.

Proses staffing bersama Workmate Indonesia akan jalan lebih gampang dan efisien. Perusahaan outsourcing ini siap mendatangkan tenaga kerja berkualitas dan kapabel yang dapat tingkatkan keproduktifan perusahaan Anda.

Sudah pasti proses rekrutmennya juga gampang dan dapat jalan tanpa buang beberapa waktu. Cari info secara lengkap berkenaan Workmate supaya Anda dapat selekasnya lakukan recruitment tenaga kerja secara efisien dan efektif.

Tinggalkan komentar