CFO: Peran, Tugas dan Tanggungjawabnya

CFO – Tentu Anda mengenal istilah CEO di sebuah perusahaan, tapi bagaimana dengan CFO? Jabatan ini merupakan salah satu jabatan yang penting atau bisa dikatakan kepemimpinan yang jarang diketahui.

Lalu apa pengertian CFO, fungsi, tugas dan tanggung jawab, persyaratan dan gaji?

Definisi CFO

CFO
CFO

CFO adalah singkatan dari Chief Financial Officer, yang sebagai pimpinan perusahaan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang ada di bidang keuangan. Mulai dari perbendaharaan, perencanaan keuangan, pencatatan, strategi ekonomi hingga administrasi.

Dalam konteks pengaturan yang lebih kecil, seorang chief financial officer (CFO) dapat disebut sebagai bendahara atau dalam organisasi. Bahkan beberapa perusahaan masih menyebutnya demikian. Tentu saja, karena berbagai peran keuangan dan administrasi yang dipegangnya.

Seorang Chief Financial Officer bertanggung jawab kepada CEO untuk keputusan keuangan, analisis bisnis, dll. Sekalipun perusahaan itu di bidang keuangan, CFO adalah puncak kepemimpinan.

Fungsi CFO

Chief financial officer (CFO) memiliki beberapa peran yang harus Anda ketahui, mulai dari administrator hingga ahli strategi. Diantaranya adalah:

1. Administrator

Fungsi seorang Chief Financial Officer tentu saja sebagai seorang administrator yang harus mengetahui, mencatat, dan memelihara semua aset yang ada di perusahaan. Selain itu, ia juga memastikan setiap artikel berharga tersebut memberikan hasil atau umpan balik yang positif bagi kantor tempatnya bekerja.

Jadi, seorang Chief Financial Officer harus bisa mengambil keputusan yang tepat ketika beberapa atau beberapa aset dianggap kurang menguntungkan. Kemudian CEO dikonsultasikan sebagai jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan.

2. Katalis

Pengertian dari katalisator yang merupakan fungsi dari chief operation officer adalah sebagai penggerak dibalik sesuatu yang terjadi. Intinya, seorang CFO tentunya harus mampu menstimulus, menstimulus atau menghasilkan perkembangan bisnis di industri keuangan ke depan.

Seorang chief financial officer dapat memenuhi perannya sebagai katalisator dengan melakukan berbagai hal. Termasuk memberikan kebijakan keuangan yang tepat, analisis aset perusahaan dan sebagainya. Tujuannya agar pengeluaran menjadi efektif dan efisien.

3. Operator

Seorang Chief Financial Officer juga bertindak sebagai operator. Dalam artian, melakukan pekerjaan apapun yang berkaitan dengan operasional atau kehidupan sehari-hari di bidang keuangan. Secara mudah bisa dikatakan, yaitu pekerjaan sehari-hari.

Beberapa hal yang termasuk dalam lingkup operator Chief Financial Officer CFO adalah melakukan berbagai pencatatan dan mengawasi operasi keuangan, meramalkan atau memperkirakan kegiatan di masa depan, dan bahkan mengelola perpajakan. Juga, ada komitmen atau fungsi tugas harian lainnya.

4. Ahli strategi

Chief operation officer juga memiliki peran penting dalam memberikan strategi kepada perusahaan. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan peran keuangan yang sangat penting bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Jadi CFO harus dilibatkan.

Dalam sebuah perusahaan, strategi dirumuskan bersama oleh semua manajer di jajarannya. Fungsi CFO adalah menyediakan data, fakta dan berbagai analisis keuangan masa depan agar dapat menentukan strategi yang tepat, efektif dan menguntungkan.

Tugas dan tanggung jawab CFO

Setelah Anda mempelajari peran seorang Chief Financial Officer, berikut adalah empat tugas dan tanggung jawab yang mereka pegang di sebuah perusahaan, antara lain:

1. Perbendaharaan

Seorang Chief Financial Officer memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai Treasury yang menentukan kebijakan keuangan. Penetapan ini tentunya didasarkan pada kondisi perusahaan pada saat itu, sehingga sesuai dan dapat berjalan secara optimal serta efektif dan efisien.

Tanggung jawab perbendaharaan Chief Financial Operator (CFO) mencakup banyak hal. Baik untuk menentukan di mana perusahaan berinvestasi, berutang atau tidak kepada pihak lain, melakukan perhitungan risiko keuangan serta banyak uraian tanggung jawab lainnya.

2. Strategi dan ramalan ekonomi

Selain bertanggung jawab atas treasury, Chief Financial Officer (CFO) memiliki tugas penting dalam forecasting yaitu memprediksi banyak hal. Baik terkait dengan produksi, penawaran, permintaan, penyebaran teknologi dan lainnya hingga keuangan perusahaan.

Selain itu, strategi juga merupakan tugas penting CFO yang tidak bisa diabaikan. Jadi, seorang CFO harus mampu mengidentifikasi laporan efektivitas guna menentukan jalur atau langkah yang tepat untuk perkembangan ekonomi perusahaan.

3. Mengawasi pelaksanaan keuangan perusahaan

Chief Financial Officer memiliki tugas penting dengan memberikan laporan yang akurat kepada pimpinan atau eselon kunci suatu perusahaan. Dengan begitu, seorang CFO mengetahui apakah ada kesalahan dalam pencatatan atau pelaksanaannya.

Untuk melaporkan semua catatan keuangan dan pelaksanaannya dengan benar, seorang Chief Financial Officer (CFO) harus mengawasi semua aktivitas dengan hati-hati dan terperinci. Juga, agar seluruh pelaksanaan dapat berjalan sesuai rencana.

4. Penghubung dan Komunikasi dengan Mitra Bisnis

Satu hal penting yang perlu diingat adalah peran Chief Financial Officer (CFO) untuk menjadi penghubung dengan mitra bisnis. Baik dalam bentuk co-enterprise, pemodal atau investor, bankir dan rekanan lainnya.

Jika suatu proyek bisnis akan dijalankan, seorang CFO harus mampu merebut hati calon pelanggan. Dan dalam praktiknya, CFO pandai berkomunikasi dengan mitra bisnis agar keuangan perusahaan tetap seimbang dan stabil.

Persyaratan untuk menjadi CFO

Apakah Anda tertarik untuk mendaftar sebagai Chief Financial Officer (CFO)? Pastikan Anda mengetahui persyaratannya agar Anda bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Pastikan Anda tidak menyepelekan beberapa persyaratan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Seorang chief financial officer (CFO) harus memiliki pengetahuan tentang keuangan dan analisis. Termasuk undang-undang, praktik manajemen risiko, analisis data dan metode peramalan dalam strategi ekonomi, dan sebagainya.

Selain itu, Chief Financial Officer harus mampu mengambil keputusan penting terkait dengan keuangan perusahaan. Pastikan Anda bisa berpikir secara detail dan memperhatikan. Jangan lupa bahwa seorang CFO harus bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Ini mengacu pada fungsinya sebagai mitra koneksi.

Gaji CFO

Jika Anda masih ragu untuk melamar menjadi chief financial officer, mungkin gaji ini akan membuat Anda lebih bersemangat. Tentu saja karena fee yang ditawarkan untuk seorang CFO sangat menggiurkan.

Ada atau penelitian di perusahaan rekrutmen internasional, rata-rata gaji seorang CFO mencapai sekitar seratus hingga dua ratus juta per bulan. Sehingga jika dikonversikan ke dalam setahun bisa mencapai miliaran rupiah.

Gajinya nanti tergantung perusahaan anda. Data ini hanya referensi rata-rata. Meski berada di bawah angka tersebut, tentunya tidak terlalu jauh. Seperti, sangat menjanjikan bukan?

Menyimpulkan

Dengan gaji yang menggiurkan, pekerjaan Chief Financial Officer (CFO) tentu menjadi pekerjaan yang berat. Banyak peran, tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Pastikan Anda memiliki keterampilan dan kemampuan untuk membantu Anda dalam melamar posisi ini.

Tinggalkan komentar