Bupati MBD dan BPJS Kesehatan Teken MoU

0
46
Penandatanganan MoU antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab MBD.

INFOBARU, Ambon-  Maluku Barat Daya (MBD), menjadi salah satu kabupaten di Maluku yang pertama memproklamirkan Jaminan Kesehatan Secara Menyeluruh (UHC) uhntuk masyarakatnya. Itu dibuktikan dengan adanya MoU antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab MBD.

“Dengan adanya MoU ini, maka per satu Februari 2018 nanti, kepesertaan JKN-KIS Kabupaten MBD meningkat dari 87 persen menjadi 97 persen. Dengan begitu, masyarakat MBD akan lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan. Tak lagi bingung memikirkan biaya, karena sudah  dijamin oleh Pemda setempat,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Afliana Latumakulita, baru-baru ini.

Menurut Latumakulita, dengan adanya MoU antara Pemda MBD dengan BPJS Kesehatan Cabang Ambon, jumlah peserta JKN-KIS di Provinsi Maluku meningkat mencapai 7%.

“Dengan adanya penambahan kepesertaan dari MBD maka secara otomatis jumlah peserta di Provinsi Maluku meningkat mencapai 70 persen. Meski demikian namun hingga saat ini pemerintah Provinsi Maluku belum melakukan Penandatangan Kerjasama (PKS) dengan BPJS kesehatan guna mengintegrasikan penduduknya dari Jamkesda ke JKN-KIS, padahal dengan adanya peran pemerintah Provinsi Maluku, daerah ini dapat mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) sebagaimana sejumlah Provinsi lain di Indonesia yang telah lebih dulu UHC,” ungkap Latumakulita.

Sementara menurut Bupati Maluku Barat Daya, Barnabas Orno, penandantanganan perjanjian kerja sama antara Pemkab MBD dengan BPJS Kesehatan, menjadi langkah penting dalam melindungi masyrakat MBD, sehingga tidak membebani masyarakat saat melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Tapi tentunya kita sesuaikan dengan APBD kita. Bisa saja sekaligus dan bisa juga bertahap. Tapi, yang terpenting niatnya bahwa, semua untuk masyarakat. Sudah tandatangan berarti pasti semuanya,” tegas Orno. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here