Jokowi Pertahankan Ailangga Hartarto di Kabinet Kerja

0
29

INFOBARU – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap mempertahankan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian (Menperin). Meski pria kelahiran Surabaya tersebut kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Sebelumnya nama Airlangga kerap dikabarkan akan dicopot dari jabatan Menperin lantaran terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar, menggantikan Setya Novanto.

Namun pada pelantikan pejabat negara yang berlangsung hari ini, hanya nama Khofifah yang keluar dari Kabinet Kerja dan digantikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Idrus Marham.

Saat diminta komentar soal dirinya yang tetap dipertahankan sebagai Menperin, Airlangga menyatakan hal tersebut murni keputusan Presiden Jokowi. “Itu terserah Bapak Presiden,” ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Sementara itu, Idrus Marham yang telah resmi menjabat sebagai Menteri Sosial menyatakan rangkap jabatan yang dipegang oleh Airlangga Hartarto diyakini tidak akan mengganggu kinerja Kementerian Perindustrian (Kemenperin) maupun Partai Golkar.

“Kalau saya ditanya masih sebagai Sekjen hari ini, saya berpandangan bahwa posisi Bung Airlangga sebagai menteri dan ketua umum itu tidak saling mengganggu, bahkan saling memperkuat. Dan saya bisa menjamin bahwa posisi Bung Airlangga sebagai Menperin tidak menganggu kinerja Golkar. Dan saya juga punya keyakinan sebaliknya seperti itu,” kata dia.

Menurut Idrus, Partai Golkar telah memiliki sistem yang berjalan sejak lama terkait dengan rangkap jabatan seperti yang dipegang oleh Airlangga Hartarto. Dengan demikian, dirinya meyakini semuanya bisa berjalan dengan baik dan beriringan.

“Karena di Partai Golkar ini sudah berjalan sebuah sistem yang menjadi kekuatan sehingga ketua umum itu tinggal bagaimana me-manage distribusi posisi peran dilakukan secara cermat sistematis didasarkan pada tata kerja yang ada. Saya punya keyakinan bisa berjalan dengan baik. Saya kira saling memperkuat,” tandas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here